Visiting Fellow: Prof. Dr. Ing. Bernd Teichert

Visiting Fellow: Prof. Dr. Ing. Bernd Teichert

 

Pada Bulan Oktober yang lalu, Lab SISPH kedatangan visiting fellow dari Jerman selama tiga minggu, dari tanggal 10 – 30 Oktober 2017. Beliau adalah Prof. Dr. Ing. Bernd Teichert. Beliau adalah Profesor di bidang Remote Sensing, GIS and Spatial Analysis and Modelling dari University of Applied Sciences in Dresden. Prof. Bernd berkunjung di Lab SISPH dalam rangka memenuhi tugasnya yang diusulkan oleh Lab SISPH ke Senior Experten Service (SES), Bonn, Germany. SES merupakan organisasi nirlaba yang mengutamakan volunteer para pakar dan professional di berbagai bidang untuk membantu di berbagai negara.

Selama tiga minggu, Prof. Bernd mendampingi Lab. SISPH dalam banyak aktivitas, misalnya reviewing draft manuskrip jurnal, memberikan pendampingan pada beberapa kelas workshop menulis dan tentang PJ dan SIG. Draft manuskrip Lab SISPH yang akan dikirimkan ke salah satu jurnal internasional bereputasi dan memerlukan review internal dari Prof. Bernd. Review manuskrip ini dilaksanakan dalam beberapa sesi yang meliputi: diskusi di awal, kerja mandiri oleh Prof. Bernd, serta diskusi akhir untuk penyampaian hasil review serta strategi untuk perbaikan draft.

Prof Bernd menyampaikan pemanfaatan teknologi dan ilmu PJ dan SIG yang sudah berkembang di Jerman dan secara global. Kuliah ini dimaksudkan untuk membuka wawasan pemanfaatan PJ dan SIG di bidang kehutanan yang mungkin belum dimanfaatkan secara optimal di Indonesia sehingga merupakan peluang riset yang masih sangat terbuka lebar. Kuliah umum dilaksanakan pada Selasa, 24 Oktober 2017.

Writing manuscript workshop untuk dosen dan mahasiswa ditujukan untuk membantu dosen dan mahasiswa yang mempunyai kewajiban menulis hasil penelitian dan mempublikasikannya dalam jurnal internasional. Dalam workshop ini, Prof Bernd menjelaskan tips dan trik untuk menulis draft manuskrip hingga menanggapi hasil review. Diskusi tanya jawab teknis penulisan juga dilakukan untuk pekerjaan yang sudah disiapkan oleh peserta. General workshop dilaksanakan pada Kamis, 19 Oktober 2017.

general lecture

Writing manuscript workshop

Joint research meeting dan field visit, dilaksanakan untuk mempersiapkan penelitian kolaborasi antara bidang kesehatan dan perlindungan hutan dan penginderaan jauh. Selain meeting, Prof Bernd juga dilibatkan dalam kunjungan lapangan ke petak pengamatan permanen di wilayah Taman Nasinal Gunung Merapi untuk menilai dan menyiapkan perangkat serta analisis yang memungkinkan untuk diterapkan dalam penelitian kolaborasi antara kedua bidang ilmu. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari Selasa dan Rabu 17 – 18 Oktober 2017.

reseach meetingvisit merapi

Research meeting                                                                                                  Field trip to Merapi National Park

Workshop PJ dan SIG, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan staf di lingkup Lab. SISPH dan juga mahasiswa asisten, Prof. Bernd menyampaikan tiga seri workshop PJ dan SIG. Ketiga topik workshop adalah:

  1. Working with Sentinel, dilaksanakan Jumat, 20 Oktober 2017
  2. How to develop digital terrain model from satellite data, 23 Oktober 2017
  3. Mosaicking multi satellite sources data, dilaksanakan Rabu, 25 Oktober 2017

mosaicking

Workshop in SISPH Laboratory

Selain di waktu luang Prof Bernd, beberapa kegiatan kunjungan budaya dan wisata masuk dalam program selama di UGM. Kunjungan budaya dan wisata dilaksanakan dalam beberapa kesempatan dengan tujuan ke Candi Prambanan dan sekitarnya, Keraton, dan Kota Gedhe (Ahad, 15 Oktober 2017), dan juga Pantai Sadranan (Kamis, 26 Oktober 2017).

prambanan

 Field trip to Prambanan Tample

farewell dinner

 Farewell dinner with Prof Bernd

Penulis: Emma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *