DTM dari Citra Satelit

DTM dari Citra satelit
(Prof. Bernd Teichert, visiting fellow Lab SISPH dari Dresden University)

 

Salah satu materi yang disampaikan oleh Prof. Bernd Teichert ketika sebagai visiting fellow di Lab. SISPH Fakutas Kehutanan UGM adalah workshop mendapatkan digital terrain model (DTM) dari citra satelit.

Sebelum memulai intinya, Prof. Bernd menjelaskan bentuk bumi dan bagaimana ketinggian permukaan bumi dimodelkan. Bentuk bumi diwujudkan dengan bentuk yang disebut sebagai geoid.

Geoid

Gambar Model Bumi: Geoid, bidang permukaan laut rata-rata (sumber:

Jika dibandingkan secara lebih detil, permukaan bumi akan seperti gambar berikut:

Geoid Elipsoid

Gambar perbandingan Geoid, bidang permukaan laut rata-rata, ellipsoid, dan permukaan bumi (terrain (sumber: www.icsm.gov.au)

Dari pemodelan permukaan bumi yang berbeda tersebut, maka untuk menentukan tinggi permukaan bumi (terrain) menjadi berbeda juga tergantung bidang referensinya. Prof. Bernd menyampaikan beberapa link yang dapat membantu kita menghitung ketinggian di suatu tempat (height calculator):

https://www.unavco.org/software/geodetic-utilities/geoid-height-calculator/geoid-height-calculator.html

http://earth-info.nga.mil/GandG/wgs84/gravitymod/wgs84_180/intptW.html

Citra satelit yang dapat diolah data digitalnya menjadi DTM terbagi menjadi dua; citra aktif dan citra optis. Untuk citra aktif: SRTM, TerraSAR dan TanDEM X. Sedangkan citra optis: ALOS dan Pleiades.

SRTM atau Shuttle Radar Topography Mission diluncurkan satelitnya pada Februari 2000. SRTM mampu menggenerate resolusi tinggi yang lengkap untuk basis datatopografi digital permukaan bumi. Sementara TerraSar X dan TanDEM X diluncurkan pada 2007 dan 2010 dan keduanya hanya untuk keperluan riset terbatas.

TanDEMX

Contoh TanDEM X (sumber: Teichert, 2017)

ALOS atau Advanced Land Observing Satellite, diluncurkan pada 2006. Terdapat 3 sensor yang digunakan untuk kartografi dan monitoring bencana di Asia Pasifik.

resolusi ALOS

Perbandingan resolusi spasial ALOS

Tiga instrument ALOS: PRISM (Panchromatic Remote Sensing Instruments for Stereo Mapping) yang dimanfaatkan untuk pengukuran elevasi permukaan bumi dengan presisi tinggi; AVNIR-2 (Advanced Visible and Near InfraRed Radiometer type 2) dengan resolusi spasial 10m yang digunakan untuk observasi tutupan permukaan bumi; dan PALSAR (Phased Array type L-band Synthetic Aperture Radar) yang memungkan observasi sepanjang musim, siang dan malam.

ALOS

Gambar contoh citra ALOS

Satelit Pleiades diluncurkan 2011 dan 2012 yang terdiri atas dua satelit dengan resolusi yang sangat tinggi dan mempunyai orbit yang sama (juga sama dengan orbit SPOT 6 dan 7). Resolusi spasial citra Pleiades adalah 50 cm untuk pankromatik dan 2 m untuk multispectral dan lebar swath 20km.

DTM

Gambar contoh DTM dari citra Pleiades Tri-Stereo (1m) – Bingham Canyon, Tambang tembaga di Utah, AS.

 

 

Penulis: Emma © 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.